Pj Bupati Muba kepada IWO : Fungsi Media Untuk Mengawal Kebijakan


MUSI BANYUASIN - Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melakukan audiensi bersama Pj Bupati Muba, Apriyadi, di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Sekayu, Senin (18/7).

Pada kesempatan itu, Ketua IWO Muba, Riyan Syahputra menyampaikan terimakasih kepada Pj Bupati Muba karena telah meluangkan waktu untuk menerima para pengurus IWO Muba.

"Sesuai dengan misi kami, IWO Muba berdiri agar dapat membantu Pemkab Muba menjaga kondusifitas dalam menyampaikan informasi. Sejak 30 Maret 2021 kami dikukuhkan, kami berkomitmen untuk pencerdasan era digitalisasi dengan pemanfaatan SDM lokal, peningkatan profesi jurnalis, dan berkontribusi pada sektor kemanusiaan," bebernya.

Riyan berharap, IWO dapat terus bermitra dengan Pemkab Muba dalam menyebarkan pemberitaan untuk mendukung program pembangunan di Muba.

Sementara, Pj Bupati Muba menyambut hangat Kedatang IWO. Pj Bupati berharap dapat menjalin silaturahmi baik dan IWO ikut mendukung program Pemkab Muba.

"Kita semua menyadari bahwa pers adalah mitra pemerintah dalam kapasitasnya sebagai penyambung lidah rakyat dan menunaikan tugas-tugas kontrol sosial. Semoga IWO dapat menjadi pelopor dalam membangun pers santun, berwibawa dan berkomitmen dalam usaha-usaha peningkatan kesejahteraan rakyat," ujar orang nomor satu di Muba itu.

Dikatakannya, fungsi media sebenarnya untuk mengawal kebijakan dan melihat bagaimana kebijakan pemerintah itu, baik dari sisi aturan maupun manfaatnya, merugi atau menguntungkan bagi masyarakat

"Nah, disini media boleh mengkritik pemerintah agar bisa mengevaluasi untuk lebih baik. Pesan saya dalam hal melakukan mitra, pengawasan dan kontrol sosial utamakan kode etik jurnalis, kami bukan anti kritik tapi bagimana cara kalian media mengemas pemberitaan itu," ungkapnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati juga berharap media dalam membuat berita judulnya mampu membuat orang penasaran dan membaca isinya.

"Jangan justru baru baca judul saja sudah tau bahwa media ini buat berita kritik. Artinya kami akan lakukan perbaikan, kadang menurut kami benar tapi di kacamata masyarakat dan media kurang tepat," ucapnya.

Turut hadir dalam audiensi tersebut Kepala Badan Kesbangpol Muba, Joni Martohonan, Kepala Dinas Kominfo Muba, Herryandi Sinulingga AP, Kabag Umum dan Perlengkapan, Sefrizal dan Kabid Komunikasi Publik Kominfo Muba, Yettria.

(Rls/Snt)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama