Suwarti Optimis Muara Megang Dapat Mewakili Sumsel pada Lomba KB Nasional


MUSI RAWAS - Wakil Bupati (Wabup) Musi Rawas, Suwarti optimis Desa Muara Megang, Kecamatan Megang Sakti, Kabupaten Mura dapat mewakili Sumatera Selatan (Sumsel) pada Lomba Keluarga Berkualitas (KB) Nasional.

Hal itu disampaikan Wabup Suwarti saat menghadiri Verifikasi Lapangan, Penilaian Lomba Kampung KB Tingkat Provinsi Sumsel. Bertempat di Kampung KB Desa Muara Megang, Senin (03/04).

"Desa Muara Megang sudah banyak menunjukkan perbaikan, angka kematian ibu dan bayi menurun karena meningkatnya persalinan dengan tenaga kesehatan (bidan desa). Angka putus sekolah juga menurun dengan meningkatnya program kejar paket A, indeks desa membangun meningkat menjadi desa berkembang. Dari delapan fungsi keluarga, semua aktif dan berfungsi dengan baik yang dibimbing oleh lintas sektor terkait," ucap Wabup.

Wabup berharap, dalam verifikasi lapangan itu akan memberikan informasi yang baik. Sehingga Desa Muara Megang memang layak untuk tampil di kancah nasional dalam rangka mewakili Sumsel tahun ini.

"Saya berharap, penilaian ini dapat memberikan spirit yang tinggi untuk optimalisasi penyelenggaraan Kampung KB. Bahkan menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Kabupaten Mura. Dengan pengendalian penduduk dan keluarga berencana yang terintegrasi dan terkoordinasi, stunting dapat turun. Target kita hingga tahun 2024 stunting turun di bawah 14 persen," ujar Wabup optimis.

Wabup Suwarti juga mengatakan, sudah 25 desa yang dijadikan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) pada 10 Oktober 2022. Ini sebagai komitmen Pemkab Mura mendukung upaya penerapan program KB.

"Pencanangan Kampung KB sudah dari tahun 2017 di Kabupaten Mura. Kita terus berupaya agar program ini dapat lebih optimal pada masyarakat, khususnya lokus Kampung KB. Menindaklanjuti hal ini, telah ada Keputusan Bupati Nomor 502/KPTS/DPPKB/2022, bahwa seluruh Desa dan Kelurahan dibentuk Kampung KB di Kabupaten Mura," jelasnya.

Sementara, Ketua Tim Penilaian dari Pemprov Sumsel, Elvi Silviani, mengatakan Kampung KB merupakan satu wilayah desa dengan pemberdayaan dan penguatan institusi untuk meningkatkan kualitas SDM, keluarga dan masyarakat dengan intervensi KB.

"Bukan hanya KB, namun juga berkolaborasi di kampung KB ini. Alhamdulillah, dinas terkait sudah terlaksana baik sebelum dan sesudahnya. Nanti tetap kami cek untuk verifikasi," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan Lomba Kampung KB Tingkat Kabupaten Mura, dengan Juara 1 Desa Muara Megang Kecamatan Megang Sakti, Juara 2 Desa Ngestikarya Kecamatan Jayaloka, lalu Juara 3 Desa Paduraksa Kecamatan STL Ulu Terawas.

Acara tersebut juga dihadiri anggota Tim Penilaian dari Pemprov Sumsel, Kepala OPD Mura, Camat Megang Sakti, Camat Jayaloka, Kepala Desa maupun Lurah se Kecamatan Megang Sakti, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

(*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama