Pilkades Serantak 17 Desa di PALI Akan Digelar Pada 5 Juli 2023


PALI - Pesta demokrasi akan segera dimulai di 17 Desa di Kabupaten PALI. Akan diselenggarakan pada 5 Juli 2023 mendatang. Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) PALI), Emylia Waasik, Jum'at (28/04).

Emylia menyampaikan, saat ini telah melakukan tahap demi tahapan persyaratan Pilkades serentak, dari mulai Membaca Al-Quran, Pisikotes dan lainnya.

"Tahun ini Pilkades Serentak di Kabupaten PALI ada 17 Desa di lima Kecamatan. Mulai dari Kecamatan Talang Ubi meliputi 5 Desa, Desa Simpang Tais, Desa Beruge Darat, Desa Suka Damai, Desa  Suka Maju dan Desa Semangus. Kecamatan Penukal 3 Desa, Desa Gunung Raja, Desa Purun Timur, Desa Mangku Negara Timur, Penukal Utara 1 Desa dan Desa Prabu Menang. Kecamatan Tanah Abang 7 Desa, Desa Bumi Ayu, Desa Tanah Abang Utara, Desa Tanah Abang Selatan, Desa Tanjung Dalam, Desa Tanah Abang Jaya, Desa Muara Dua dan Desa Suka Manis. Kecamatan Abab 1 Desa, Desa Betung Selatan," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Emylia, tahapan Pilkades sudah sesuai dengan daftar tahapan yang telah dibuat.

"Alhamdulilah bakal calon Kades sampai saat ini aman dan kondusif, serta mereka tertib mengikuti mekanisme yang telah ditentukan oleh Panitia Pilkades," tukasnya.

Sementara, Kabid Pemerintahan dan Pendapatan Desa DPMD PALI, Rahmat Dinata, menambahkan bahwa Panitia Pilkades saat ini sedang menunggu hasil dari Pisikotes pada tanggal 18 April 2023.

"Hasil Pisikotes pada tahapan Pilkades  terlambat keluarnya, karena pelaksanaan pisikotes tanggal 18 april dan tgl 19 april sudah libur cuti bersama, maka pengumuman hasil akan disampaikan setelah masa libur cuti bersama selesai," jelasnya.

Lanjut Rahmat Dinata, hasil piskotes rencananya akan keluar dalam beberapa hari ini, hasilnya akan diambil langsung oleh Panitia Pilkades Desa Semangus dan Desa Muara Dua dan langsung dibawa ke sekteriat desa masing-masing.

Selanjutnya, Panitia Pilkades akan mengundang Bakal Calon Kades, Tokoh Masyarakat, serta pihak Kepolisian untuk pengamanan.

"Diingatkan kembali kepada Bakal Calon Kades, pakta integeritas yang sudah ditandatangani kemudian akan diumumkan. Dan kita harapkan semua akan menerima hasil tersebut, menang kalah harus siap," pungkasnya.

(Snt)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama