Petani Karet di Mura Terima Bantuan Pembeku Lateks dari dirjen Perkebunan Kementan


MUSI RAWAS - Pemkab Musi Rawas (Mura) menerima bantuan pembeku lateks dari Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan), Jum'at (07/04) di Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Mura.

Bantuan itu diterima langsung oleh Bupati Muda, Ratna Machmud melalui Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Musi Rawas, Kgs M Effendi Fery.

Dimana pada tahun lalu, Bupati Ratna Machmud mengajukan proposal bantuan untuk petani. Hasil dari lobi Bupati itu membuahkan hasil dengan dikirimnya bantuan pembeku lateks untuk petani karet di Kabupaten Mura.

Selanjutnya, Bupati Ratna Machmud melalui Kepala Disbun Kgs M Effendi Fery menyalurkan bantuan pembeku lateks kepada petani karet di 33 UPPB, yang ada di 13 Kecamatan di Kabupaten Mura.

Masing-masing UPPB menerima pembeku lateks di Disbun Mura.

Mereka mengucapkan terimakasih atas apa yang telah diupayakan Bupati Mura. Mereka berjanji akan memanfaatkan dengan optimal bantuan pembeku lateks tersebut, sehingga dapat menunjang hasil karet petani.

Bupati Ratna Machmud berharap, dengan bantuan cairan pembeku lateks dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas, juga menambah kesejahteraan petani karet di Kabupaten Mura.

"Semoga dengan bantuan pembeku lateks ini hasil karet bisa semakin bagus, demikian juga harga akan bagus dan sesuai. Kualitas karet juga dijaga agar harganya lebih mahal karena karet yang baik. Ini terus kita upayakan agar petani termasuk petani karet agar dapat bahagia, sejahtera, makmur, menunjang ekonomi keluarga. Sehingga apa yang kita cita-citakan Mura Maju, Mandiri, bermartabat (Mantab) dapat tercapai," ungkap Bupati saat video call dengan para petani.

Salah satu petani dari UPPB Rukun Makmur Desa Temuan Sari, Kecamatan Muara Kelingi, menyampaikan terimakasih kepada Bupati atas bantuannya.

"Terima kasih Ibu Bupati atas bantuannya. Terimakasih atas kepedulian kepada petani karet. Kami akan manfaatkan bantuan pembeku lateks ini untuk maksimalkan hasil beku karet," ujarnya.

"Kami berdoa semoga Ibu selalu sehat dan dalam bimbingan dan rahmat Allah, sehingga bisa membawa Kabupaten Mura lebih baik lagi. Mura Mantab, Perkebunan Berjaya, Petani Makmur," imbuhnya saat video call ke Bupati.

Sementara Kepala Disbun Mura, Kgs M Effendi Fery, menjelaskan bantuan pembeku lateks merupakan proposal Bupati Mura pada tahun 2022 lalu, dan tahun ini disalurkan.

"Ini salah satu bentuk kepeduliàn Bupati untuk mengangkat harkat dan martabat petani karet. Tentunya, seiring bantuan ini, petani kita diharapkan agar dapat lebih giat dan meningkatkan hasil dan kualitas karet. Semoga manfaat dan barokah petani karet Musi Rawas," harapnya.

Bantuan tersebut datang dibawa dengan tiga truk tronton sebanyak 5.077 liter cairan pembeku lateks untuk getah karet petani.

(*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama