Ada Tips Dari Kapolres Musi Rawas Bagi yang Ingin Mudik Lebaran


MUSI RAWAS - Kapolres Musi Rawas (Mura), AKBP Danu Agus Purnomo memberikan beberapa tips saat pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1444 H / 2023 M nanti kepada warga yang ingin melakukan perjalanan mudik.

Tips tersebut meliputi agar nyaman dan aman saat perjalanan mudik, dan menggunakan kendaraan pribadi saat melakukan perjalanan mudik lebaran. Hal itu disampaikan Kapolres sekira pukul 07.00 WIB pada Rabu (12/04).

"Sedikit berbagi kepada warga yang ingin mudik kekampung halaman, dengan memberikan beberapa tips agar warga bisa aman dan nyaman saat mudik," kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, tips agar nyaaman dan aman saat mudik diantaranya pastikan pintu dan jendela terkunci dengan rapat, cabut barang elektronik dari stop kontak, tidak meninggalkan barang berharga, lapor RT/RW setempat, memasang detektor di pintu dan jendela, lepas regulator gas dan pastikan token listrik terisi.

Kemudian, nyalakan lampu teras dan beberapa lampu dirumah, memasang kamera pengawas, kosongkan penampung air, mematikan keran air, bersihkan rumah dan titipkan hewan peliharaan, dokumen-dokumen penting kepada tetangga atau keluarga yang dipercayai.

Lebih lanjut, untuk tips mudik menggunakan kendaraan pribadi, Kapolres menjelaskan siapkan kondisi fisik agar tetap prima, pastikan kendaraan juga prima, bijak dalam membawa barang bawaan dan penumpang, menyiapkan anggaran dan membawa uang tunai, menjaga daya batrei ponsel dan kuota internet, menyiapkan bekal makan dan minum secukupnya, mempelajari rute yang akan dilalui serta alternatifnya, memastikan kondisi bahan bakar selalu ada, menyiapkan serta mengatur tempat menginap dari awal dan membawa semua perlengkapan anak.

"Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk warga yang ingin melakukan perjalanan mudik lebaran kekampung halaman," tutupnya.

(Gpz)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama