Musrenbang RKPD Tahun 2024, Wabup PALI : Pertumbuhan Ekonomi PALI Tahun 2022 Kembali Meningkat


PALI - Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten PALI tahun 2022 kembali meningkat. Hal itu diketahui dari penjabaran yang disampaikan Bupati PALI, Heri Amalindo melalui Wakil Bupati (Wabuup) PALI, Soemarjono saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Penyusunan RKPD Tahun 2024, di halaman Sanggar Pramuka, Simpang Raja, Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, Kamis (16/03).

Dikatakan Wabup, pertumbuhan ekonomi kabupaten PALI pada tahun 2022 meningkat menjadi 4,43 persen. Ia optimis pada tahun 2024 nanti menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,5 sampai 7 persen.

Tidak hanya pertumbuhan ekonomi yang meningkat, tetapi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten PALI juga ditargetkan akan meningkat menjadi 68,30 poin dari target yang telah dilalui pada tahun 2022 sebesar 65,75 poin.

Kemudian persentase kemiskinan yang juga ditargetkan menurun diangka 11,05 - 11,10 persen. Dari target tahun 2022 sebesar 11,76 persen. Begitu juga tingkat pengangguran di Kabupaten PALI yang ditargetkan mengalami penurunan di angka 2,91 persen dari tahun 2022 diangka 4,31persen.

Disamping itu, Wabup mengatakan bahwa Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten bukanlah hanya didasarkan pada aturan undang-undang saja, namun juga harus berdasarkan visi dan misi kepala daerah.

"Penyusunan RKPD tidak hanya memenuhi amanat perundang-undangan, tapi juga mengatasi masalah aktual, mengutamakan program yang dibutuhkan masyarakat dan penjabaran visi dan misi Bupati," paparnya.

Ia berharap, Musrenbang Kabupaten Penyusunan RKPD Kabupaten PALI tahun 2024 bisa menentukan skala prioritas pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian proses perencanaan partisipatif yang dimulai dari tingkat desa hingga kabupaten, yang hasilnya akan menjadi bahan dan masukan dalam penyusunan dokumen RKPD Kabupaten PALI," tutupnya.

Tampak hadir pada kegiatan itu Sekretaris Bappeda Provinsi Sumsel, Perwakilan Dinas PU Bina Marga Sumsel, Forkopimda Kabupaten PALI, Kepala OPD lingkup Pemkab PALI, Camat se Kabupaten PALI, sejumlah ormas, organisasi profesi, LSM hingga organisasi anak.

(Snt)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama