Bupati Mura Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Tahun 2023 Secara Virtual


MUSI RAWAS - Bupati Musi Rawas (Mura), Ratna Machmud mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka Pengendalian Inflasi Tahun 2023 bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI secara virtual, di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Mura, Rabu (08/02).

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan, perlunya mewaspadai inflasi kenaikan biaya transportasi penerbangan, bahan bakar rumah tangga, bensin dan komunitas pangan seperti beras dan minyak goreng.

Karena menurut Tito, pangan memiliki resiko inflasi paling utama, untuk itu pasar murah menjadi salah satu cara menstabilkan harga untuk masyarakat kurang mampu.

"Jangan bosan dengan rakor inflasi yang menyangkut hajat hidup rakyat Indonesia yang sebagian masyarakatnya dibawah garis kemiskinan. Maka dari itu, perkuat ketahanan ekonomi di tengah gejolak geopolitik dan ekonomi dunia," ucap Tito dalam rapat virtual.

Saat ini, lanjut Tito, penurunan inflasi di Indonesia mencapai angka 5 persen, yang ditargetkan menurun menjadi 4 persen, sehingga barang-barang menjadi terjangkau, cukup tersedia dan tidak menjadi gejolak harga di Indonesia.

Sementara, Bupati Ratna Machmud mengaku siap mengikuti instruksi dari pusat, selalu berkoordinasi agar pengendalian inflasi dapat dilakukan secara komprehensif.

"Kita turut instruksi pemerintah pusat dalam hal pengendalian inflasi didaerah," ujar Bupati.

Mengenai wacana menggelar pasar murah, Bupati menyampaikan akan melaksanakan nantinya.

"Semua itu perlu kita lakukan untuk mengatasi gejolak harga dan mengakomodir daya beli masyarakat, terutama masyarakat prasejahtera," ungkapnya.

Lanjut Bupati, Pemkab Mura akan berupaya semaksimal mungkin membantu dan meringankan beban masyarakat akibat atau dampak dari inflasi.

Hadir dalam rakor virtual tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, Riyadi Bayu Kristianto, Kodim 0406, Porles Mura, Kepala OPD dan jajaran OPD di Kabupaten Mura.

(*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama