Salurkan Bakat Pelajar, Seniman Palembang Bakal Gelar Lomba Seni


PALEMBANG - Belasan seniman di Kota Palembang menggelar Rapat Koordinasi Panitia untuk persiapan Gelaran Musi Star Festival (MSF) 2022, di Rumah Budaya Plembang Nian (RBPN), Siring Agung Kota Palembang, Minggu (4/12).

Kegiatan tersebut bakal diadakan dalam rangka memperingati Hari Ibu 22 Desember 2022.

Heri Listio selaku Ketua Pelaksana menyebutkan, acara yang akan diselenggarakan pada 21 hingga22 Desember 2022 di PS Mall Palembang itu mengusung empat cabang lomba seni yang berbasis lokal Sumsel.

"Ada empat tangkai lomba dalam acara ini, yaitu lomba lagu daerah, tari tanggai, fashion show dan baca puisi," paparnya.

Lebih Heri, pada MSF ini panitia menargetkan akan mengundang 300 peserta dari berbagai cabang lomba yang digelar.

Tentang kriteria lomba, Heri mengatakan lomba lagu daerah ada dua kategori, yakni kategori anak-anak (usia 6-18 tahun) dan umum (usia 18-40 tahun).

Pada cabang lomba tari tanggai terdiri dua kategori, yakni kategori anak-anak (usia 6-15 tahun) dan kategori pelajar atau mahasiswa (usia 18-30 tahun).

"Untuk tari tanggai setiap grup maksimal berjumlah tiga orang, tidak boleh lebih," tegasnya.

Lalu, untuk cabang lomba baca puisi, persertanya dari kalangan pelajar SD, SMP dan SMA.

Sementara, khusus cabang lomba fashion show berlaku untuk semua umur.

Mengingat acara tersebut berkaitan dengan Hari Ibu, panitia menetapkan semua casual kostum lomba harus sesuai tema hari ibu, yaitu surga di bawah telapak kaki ibu.

Pada event ini, menurut Heri, akan melibatkan sejumlah dewan juri yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Baik seniman tari, pelaku sastra, musisi mampu fashion show.

Untuk pendaftaran, Heri menyampaikan, akan dibuka hingga 19 Desember 2022 pada Tehnical Meeting (TM), di Kafe Dower Palembang.

"Pendafftaran masih terbuka. Bagi remaja dan pelajar yang akan mendaftar lomba, bisa dilakukan pada saat tehnicak meeting pada tanggal 19 Desember di Kafe Dower Palembang," jelasnya.

Tentang biaya pendaftaran, Heri menjelaskan pada lomba lagu daerah dikenakan uang pendaftaran Rp50 ribu, tari tanggai Rp50 ribu, fashion show Rp50 Ribu dan baca puisi Rp30 ribu.

"Pendafraran peserta bisa melalui nomor whatsapp panitia 08214002662 atau 0821-84-34-0272," jelasnya.

Dikesempatan sama, Lisa Surya Andika selaku pengelola RBPN menambahkan, gelaran MSF 2022 ini dilakukan untuk membuka ruang bagi peminat seni, baik sastra, musik dan lagu, fashion dan seni tari.

Menurut Lisa, MSF ini sekaligus menjadi ruang bagi para pegiat dan peminat seni, khususnya kalangan muda dan pelajar, untuk mengekspresikan naluri seninya di atas panggung.

"Kalau mereka sudah sering latihan, menggali potensinya di sanggar-sanggar seni atau di sekolah, tetapi tidak dibuka ruang untuk berekspresi ya percuma. Sayang potensi mereka tidak tersalurkan. Jadi, lomba ini seni deglar untuk panggung mereka supaya potensi mereka terangkat ke publik," tegasnya.

(Snt)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama