42 Siswa-siswi SMAN 2 Unggulan Talang Ubi Ikuti Sosialisasi LPS


PALI - Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) PALI menggelar sosialisasi Lembaga Pers Siswa (LPS) di SMAN 2 Unggulan Talang Ubi, Kamis (15/9).

Acara berlangsung di Ruang Laboratorium Biologi SMAN 2 Unggulan Talang Ubi.

Hadir pasa kegiatan itu Ketua IWO PALI, Efran, Dewan Etik IWO, Hengki Yohanes, Guru Pembimbing SMAN 2 Unggulan, Ratih Viva Alramba dan 42 Siswa-siswi Peserta Sosialisasi LPS.

Dalam pembahasan, Efran menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan mengenalkan LPS, bukan menuntut siswa untuk menjadi wartawan, melainkan sebagai pers sekolah.

"Pers sekolah nanfaatnya dapat membuat sebuah narasi berita dengan 5W+1H. Kita semua tau diarea digital sekarang banyak sekolah yang telah maju dan mempunyai web sendiri, untuk itu nanti akan kami adakan pelatihan jurnalistik ditingkat sekolah agar bisa mempublikasikan kegiatan sekolahnya, minimal narasi tulisan sudah menyamai kaidah jurnalisitik," ungkap Efran.

Sementara, Dewan Etik IWO PALI, Hengki Yohanes, mengatakan LPS hampir sama dengan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), hanya saja LPM lebih kepada mutu dibidang leterasi.

"LPM meliputi keseluruhan dibidang jurnalistik, sedangkan LPS itu dilingkup sekolah, hanya itu perbedaannya. Namun tujuannya sama, membuat semua berita dengan narasi yang dilengkapi 5W+1H," ujarnya.

Lebih lanjut, bahwasanya IWO membangkitkan kembali LPS, tujuannya tidak lain untuk mencerdaskan anak bangsa.

"LPS ini tentu banyak manfaatnya, selain bisa menjadi wartawan sekolah juga bisa tau seputar dunia jurnalistik," tuturnya.

"Nanti akan lebih banyak lagi materi seputar LPS, ini hanya sebagian materi yang kami paparkan, dilain waktu nanti kita berdiskusi membahas lebih dalam mengenai LPS. Dan kami IWO PALI, di Oktober mendatang akan menggelar pelatihan jurnalistik," jelasnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SMAN 2 Unggulan Talang Ubi, Irwansyah melalui Guru Pembimbing, Ratih Viva Alramba, mengucapkan terimakasih kepada IWO PALI telah memberikan materi seputar LPS.

"Kami mewakili Kepala Sekolah dan SMAN 2 Unggulan Talang Ubi mengucapkan terimakasih, semoga dengan adanya sosialisasi ini dapat menambah ilmu siswa-siswi kami," tandasnya.

(Snt)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama