Polda Sumsel Laksanakan Pra Evaluasi Pelayanan Publik di Polres Mura


MUSI RAWAS - Kabag RBP Rorena Polda Sumatera Selatan (Sumsel), AKBP Dolly Gumara, Kabag Tatalaksana Biro Organisasi Setda Provinsi Sumsel, Pembina TK I, Efendi dan Kasubbag Kortala Biro Pemprov Sumsel, Mahendra melaksanakan Pra Evaluasi Penilaian Pelayanan Publik Menuju Pelayanan Prima 2022 di Polres Musi Rawas (Mura), sekira pukul 10.00 WIB, Selasa (2/8).

Kedatangan rombongan Polda Sumsel dan Pemprov Sumsel disambut langsung oleh Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono didampingi Kabag Ops, Kompol Polin EA Pakapahan, Kabag Ren, Kompol Nusirwan, Kasat Reskrim, AKP Dedi Rahmat Hidayat, Kasat Lantas, AKP Budi Harto, Kasat Intelkam, AKP Aminudin, Kasi Propam, Kompol Purwanto, Kasi Humas, AKP Purwono Jaya dan Kanit Regident, Iptu Graciano Lahama.

Penilaian dimulai dari Gedung Endra Dharmalaksana (Gedung Pelayanan). Diawali dengan memeriksa buku mutasi dipenjagaan, ruangan laktasi, ruangan pelayanan SKCK, ruangan pelayanan sidik jari, ruangan pelayanan BPKB, ruangan pelayanan Dumas, ruangan pelayanan Kesehatan SIM, ruangan pelayanan tilang, ruangan pelayanan konsultasi narkoba, ruangan konsultasi penyidik, ruangan konsultasi hukum, ruangan konsultasi Propam, arena permainan anak, toilet serta Command Center.

Lalu, dilantai II, ruangan Satreskrim, ruangan pelayanan Mediasi Keadilan Bedulur, ruangan pendidikan serta ruangan Konseling Bedulur.

Usai dilakukan penilaian di Gedung Pelayanan dilanjutkan ke Gedung Satpras. Dimulai dari ruang tunggu, ruang laktasi, ruang registrasi, ruang identifikasi, ruang bermain anak, toilet, lokasi parkir, lapangan praktek uji SIM, fasilitas penunjang berupa kulkas dan lain-lain.

Dalam kesempatan itu, usai melakukan Pra Evaluasi Penilaian Pelayanan, Kabag RBP Rorena Polda Sumsel mengatakan pihaknya bersama perwakilan Tatalaksana Biro Organisasi Setda Provinsi Sumsel sengaja melaksanakan kegiatan tersebut, guna melihat sejauh mana kongres perbaikan pelayanan publik yang dilaksanakan diseluruh Polres di jajaran wilayah Polda Sumsel.

"Perlu diketahui, bahwasannya Pra Evaluasi 2022 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI) akan diikuti 11 Polres dibawah Polda Sumsel, termasuk Polres Mura ini," kata AKBP Dolly Gumara.

AKBP Dolly sapaanya menjelaskan, dari hasil pelaksanaan itu menyampaikan saran dan rekomendasi perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan, termasuk datang melihat secara sekilas dengan datang langsung ke unit-unit pelayanan SPKT dan Satpas Satlantas SIM di Polres Mura.

"Jujur saya sangat terkejut, mutu layanan yang ditampilkan sangat luar biasa dibawah kepemimpinan bapak Kapolres Mura AKBP Achmad Gusti Hartono. Dan kami berharap mudah-mudahan role model dari wilayah lain dan juga setiap unit dapat melihat pelayanan yang sudah diterapkan disini. Ya mudah-mudahan nanti Kapolres Mura akan mendapatkan, namun kami tidak berjanji, kita berusaha dan berdoa, bisa memperoleh predikat pelayanan prima Kemenpan RB," ucap perwira berpangkat melati dua itu.

Lanjut AKBP Dolly, Polres Mura memiliki keunggulan setelah dilakukan pengecekan sekaligus penilaian dimana pelayanan SPKT, mulai dari Intel, Reskrim, Resnarkoba, semuanya jadi satu tempat. 

"Sarana dan prasarananya sudah lengkap, mulai dari ruang laktasi, pojok baca, tempat duduk layanan, sudah cukup nyaman, malah sangat nyaman saya melihatnya. Dan juga menerapkan serta mengimplementasikan pelayanan khusus difabel, berbicara komprehensif dan paripurna disana. Dan sampai disini (Gedung Satpras) kami melihat sarana dan prasarana sudah lengkap, hanya saja perlu dibenai sedikit-sedikit saja, jadi akan lebih sempurna," jelasnya.

 "Seperti disini kami berharap tinggal masalah konsitensi, integritas dan komitmen yang harus dipupuk dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," imbuhnya.

Mengenai penilaian dan perbandingan dengan Polres lain, AKBP Dolly menyampaikan sangat positif. Bisa diumpamakan jika di tempat lain bintang empat, di Polres Mura bintang lima.

Sementara, Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono, mengatakan yang baik akan ditingkatkan kembali dan yang masih kurang akan diperbaiki.

"Kami Polres Mura berkomitmen akan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat khususnya Kabupaten Mura," singkat Kapolres.

(Rls/Gpz)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama