IWO Organisasi Pers yang Berbeda dengan IWOI


PALEMBANG - Menyikapi banyaknya pertanyaan dari masyarakat di Sumatera Selatan (Sumsel) yang mempertanyakan apakan Ikatan wartawan Online (IWO) sama  Ikatan wartawan online Indonesia(IWOI). Ketua Harian Pengurus Wilayah (PW) IWO Sumsel, Sonny Kushardian menjelaskan bahwa IWO dan IWOI jelas berbeda, Selasa (30/8).

Menurutnya, IWO Sumsel merupakan organisasi pers yang hadir di Sumsel sejak tahun 2017. Dan saat ini telah memiliki susunan Pengurus Daerah (PD) di 17 Kabupaten maupun Kota di Sumsel.

"Masyarakat juga harus tau biar tidak bingung. Jadi saya jelaskan, bahwa IWO adalah organisasi pers yang berbeda dengan IWOI. IWO hadir di Sumsel sejak tahun 2017, setiap PD dipimpin oleh Ketua Harian dengan anggotanya adalah wartawan yang saat ini masih aktif dengan SK yang langsung ditandatangai Pimpimpinan Pengurus Pusat (PP) IWO yang berdomisili di Jakarta, serta besandar pada AD/ART IWO," bebernya.

Lebih lanjut, ia memaklumi kebingungan masyarakat atas perbedaan kedua organisasi tersebut, lantaran namanya terlihat mirip.

Sony juga menjelaskan, IWO saat ini khususnya di Sumsel terus bergerak dengan fokus membekali seluruh anggotanya dengan berbagai pelatihan jurnalistik.

"Beberapa tahun belakangan memang kita fokus pada penguatan stuktur IWO di Sumsel, namun tahun ini kita sudah fokus melaksanakan program kerja IWO, seperti penguatan SDM dengan membekali berbagai pelatihan jurnalistik dan peningkatan kompetensi anggota dengan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebanyak 4 kali, yang berkerjasama dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta sebagai Lembaga Penguji resmi UKW yang di tunjuk oleh Dewan Pers," terangnya,

Sonny berharap, dengan penjelasan tersebut diharapkan masyarakat khususnya di Sumsel tidak lagi bingung dan bertanya terkait apa itu IWO dan apa itu IWOI.

"Saya berharap kedepan masyarakat dapat membedakan apa itu IWO dan apa itu IWOI, untuk IWOI silakan minta penjelasan kepada IWOI. Intinya untuk kami pengurus IWO di Sumsel ini terbuka dan siap bekerjasama dengan oraganisasi pers lainnya untuk selalu menjaga kode etik pers dan marwah pers," tutupnya.

(Snt)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama