6000 BTPKLWN Akan Disalurkan, Tiap Pedagang Terima Rp.600 Ribu


MUSI RAWAS - Polri melalui Polres Musi Rawas, Polda Sumsel melakukan Grand Opening Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima Warung dan Nelayan (BTPKLWN) Tahu 2022, di Gedung Atdmani Mapolres Musi Rawas, sekitar pukul 08.30 WIB, Rabu (23/03).

Sedikitnya, 6000 BTPKLWN akan disalurkan dengan beberapa gelombang, dimana masing-masing pedagang menerima bantuan tunai senilai Rp600 ribu, dengan persyaratan penerima bantuan membawa KTP Elektronik dan belum menerima bantuan dari pihak manapun serta telah di vaksinasi dosis I, dosis II bahkan Booster.

Grand Opening BTPKLWN tersebut dipimpim langsung Kapolres Musi Rawas, AKBP Achmad Gusti Hartono didampingi Bupati Musi Rawas, Ratna Machmud diwakili Wakil Bupati, Suwarti Burlian dan Dandim 0406 Lubuklinggau, Letkol Arm Anggeng Prasetyo Sulistyono diwakili Danramil 406-06 Tugumulyo, Kapten Inf Rozali.

Hadir juga, Wakapolres Musi Rawas, Kompol Willian Harbensyah, Kabag Ops, Kompol Polin EA Pakpahan, Kasi Keuangan, Bripka Jauhari dan para kapolsek diwilayah hukum Polres Musi Rawas.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Musi Rawas mengatakan, bantuan BTPKLWN merupakan bantuan dan kerjasama melalui Menteri Perekonomian, Kementerian Keuangan, Mabes Polri dan Poskeu Presisi, selanjutnya disalurkan kepada pedagang kaki lima, warung dan nelayan.

"Untuk diketahui, bahwa di Sumsel ada empat Kabupaten maupun Kota yang ditetapkan pemerintah sebagai daerah prioritas pengetasan kemiskinan ekstrim, guna mengurangi dampak pandemi covid 19 bagi masyarakat pendapatan yang rendah. Empat daerah Polrestabes, Polres Musi Rawas, Polres Muara Enim dan Polres Ogan Ilir," kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, bantuan berjumlah 6.000 pedagang serta warung Polres itu akan disalurkan diseluruh wilayah Kabupaten Musi Rawas.

Untuk diketahui, penerimaan bantuan tersebut dilakukan beberapa tahapan, mulai dari Desa, Kelurahan, Kecamatan, pastinya tidak ada diskriminasi, artinya murni.

"Untuk hari ini, gelombang pertama berjumlah 500 penerima, gelombang kedua berjumlah 750 penerima disalurkan pada, Sabtu (26/03), lalu gelombang ketiga berjumlah 750 penerima disalurkan pada Senin (28/03), hal tersebut ditargetkan akhir Maret, sebelum Ramadan. Nantinya, akan digelar kembali setelah lebaran hingga mencapai target 6000," jelas suami Ny Irene Gusti Hartono itu.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, tujuan bantuan tersebut untuk memulihkan ekonomi masyarakat pedagang kaki lima dan warung dari pandemi covid-19, selain itu untuk memutus rantai covid-19 dengan menggelar vaksinasi, namun tetap ada pengecualian bagi masyarakat yang menderita penyakit ada pengaruh dari vaksin, maka ada toleransinya.

"Namun, pastinya ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang usahanya gulung tikar untuk memenuhi kehidupan sehari-hari," tutur Kapolres.

Senada, Wabup Musi Rawas, Suwarti Burlian, mengatakan atas nama pribadi dan Pemkab Musi Rawas sangat mengaspresiasi kepada Kapolres Musi Rawas atas adanya bantuan BTPKLWN.

"Pastinya bisa meringankan beban pedagang kaki lima, warung dan lain-lain," kata Wabup.

Wabup berpesan, untuk menggunakan bantuan itu pada kegiatan positif, seperti modal usaha, jangan digunakan hal lain.

"Jadi, setelah menerima bantuan ini kiranya bapak-ibu langsung pulang kerumah, jangan kemana-mana, takutnya melihat yang tidak penting, takutnya tergoda hingga kebutuhan yang penting tidak terpenuhi," tutup Wabup.

(Rls/65)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama