Target 100 Persen Vaksinasi, Bupati OKUT Minta Saling Bahu Membahu


PALEMBANG - Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal ini Gubernur Sumsel, Herman Deru, hadir dalam acara Malam Penganugerahan Penghargaan dan Gebyar Hadiah Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Provinsi Sumsel, di Griya Agung Palembang, Jum'at (31/12).

Dikatakan Herman Deru, 1,5 juta vaksin dimana suntikannya dalam satu pack 300 ribu, hal itu tentunya menjadi dinamika dilapangan.

"Kita tahu, Kapolda tahu, Pangdam tahu, Kejati tahu, semuanya kita tahu bagaimana kerja kerasnya bapak ibu (nakes) sekalian dilapangan," ujarnya.

"Pada saat kita rapat terakhir, kita sudah diangka 60 dan saya pesimis (untuk) di angka 70 persen, tetapi begitu minggu kedua saya lihat tanda-tanda kehidupan bahwa ini akan tercapai, karena banyak sekali proposal Bupati maupun Walikota banyak minta beras," imbuhnya.

Atas hal itu, Gubernur merasa senang, dimana bila tanpa ada perhatian tentu akan sulit, terlebih pada daerah-daerah yang sudah memiliki angka maksimal, makin tinggi jumlah angka perolehan sasarannya, makin sulit mencari sasaran. Contoh Kota Palembang, saat ini sudah mencapai 80 persen vaksinasi, sulit untuk mendapatkan berikut-berikutnya.

"Tapi kita harus mempertahankan ini agar lebih semangat lagi, kita beranikan diri untuk bersama-sama, kita targetkan Provinsi Sumsel 100 persen sudah tervaksin," ungkap Gubernur.

Lanjut, menurut Gubernur hal itu akan tercapai jika spirit disamakan.

"Hari ini (Jum'at, Red.) bukan main bapak ibu yang ada didepan kita, khususnya Polda Sumsel dan semua pihak yang terlibat menyiapkan, tidak tanggung-tanggung 83 sepeda motor yang kira-kira akan dibagikan kepada orang-orang yang bernasib (baik)," katanya.

Gubernur berujar, ada satu unit double cabin darinya untuk Polres yang memang sukses besar, diberikan malam itu juga sebagai simbolis.

"Bahwa kita betul-betul berupaya untuk mengejar target vaksin ini bukan karena hadiahnya, karena hadiahnya sendiri belum kita beritahu," ungkapnya.

"Hari ini diatas batas ambang spikologi kta memang sudah tercapai diatas 76,05 persen, untuk semua yang terlibat, tapi yang terlibat ini bukan hanya menerima penghargaan saja, tapi ada yang lainnya," bebernya.

Sementara itu, Bupati Ogan Komering Ulu Timur (OKUT), Lanosin Hamzah, menyambut baik adanya kabar dari Gubernur Sumsel itu. Dikatakannya, ada penghargaan dari Gubernur yang diberikan kepada Pemkab OKUT atas capaian vaksin 70 persen.

"Mudah-mudahan seperti apa yang disampaikan oleh Gubernur Sumsel untuk mencapai angka 100 persen, maka kita harus saling bahu membahu untuk mencapai angka tersebut," jelasnya.

Lebih lanjut, apa yang diundi oleh Gubernur Sumsel itu dilakukan juga di Kabupaten OKUT. Ada beberapa segment yang nantinya akan diundi untuk mendapatkan sepeda motor.

Lanosin menekankan harus kejar Door to door, pihaknya juga meminta untuk dievaluasi, karena dari target 489 ribu yang harus divaksin itu, penduduk OKUT ada yang sekolah diluar OKUT, juga ada yang penyerta.

"Artinya tidak bisa vaksin karena ada penyakit itu, mestinya harus dikoreksi ulang, apakah harus pulang ditarik semua dahulu ke OKUT seperti itu, karena target kami sangat luar biasa jumlahnya," tegasnya. (Susanto)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama