DPUTR PALI Perbaiki Jalan Rusak yang Sering Dikeluhkan Warga


PALI - Pemkab PALI, Sumatera Selatan (Sumsel), melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) memperbaiki jalan rusak yang sering dikeluhkan warga, disepanjang jalan penghubung Desa Purun dengan Desa Tanah Abang.

Kepala DPTUR PALI, Ristanto Wahyudi, memastikan pihaknya bakal melakukan percepatan perbaikan jalan rusak tersebut.

"Menanggapi keluhan masyarakat atas kerusakan jalan yang terjadi pada ruas Purun-Tanah Abang, Dinas PUTR Kabupaten PALI mulai melakukan penanganan sementara agar jalan tersebut tidak terputus," kata dia melalui pesan WhatsApp, Minggu (30/01).

Menurutnya, sejak Sabtu kemarin (29/01) pihaknya telah menurunkan tim melakukan perbaikan dilapangan. Ia berharap, penyelesaian dapat disegerakan karena ada beberapa ruas jalan lain yang juga harus segera ditangani.

Sebagai langkah awal jabatannya, ia menginstruksikan Kabid Program untuk menginventarisasi ruas-ruas jalan di Kabupaten PALI yang rusak dan kerap dikeluhkan warga.

Pasca inventarisasi, lanjut dia, pihaknya akan langsung melakukan perbaikan, baik yang bersifat pemeliharaan rutin maupun membangun kembali.

"Sejauh ini, selain dari perbaikan jalan Purun-Tanah Abang, kami sudah mulai bekerja dengan melakukan line clearing bahu jalan di beberapa titik jalan utama penghubung kecamatan," ujarnya.

Ia menilai, kualitas jalan lebih sering menurun, terutama saat di musim hujan seperti di awal tahun. Disisi lain, pihaknya juga mengalami keterbatasan anggaran, terutama pasca pandemi COVID-19. Akibatnya, setiap tahun, DPUTR PALI tidak bisa memperbaiki seluruh jalan di PALI yang mengalami kerusakan.

Kendati demikian, pihaknya terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik, khususnya meningkatkan kemantapan jalan agar masyarakat merasa nyaman dan aman untuk menggunakannya.

"Ini sudah merupakan komitmen kami, kami tidak boleh cengeng, kami tetap berupaya keras mencari solusinya," tegas mantan Kepala Dinas PUCKTRP Musi Rawas itu.

Oleh karenanya, pihaknya menyusun program prioritas dalam memperbaiki jalan, khususnya yang sudah mengalami kerusakan parah.

"Peningkatan jalan secara permanen Insyaa Allah akan dilakukan pada tahun anggaran depan, mengingat belum teranggarkan nya pada tahun ini," tuturnya.

Sementara, Bupati PALI, Heri Amalindo mengatakan perbaikan jalan tersebut merupakan komitmen Pemkab PALI membantu kelancaran transportasi yang melintas di Kabupaten PALI.

"Intinya Pemkab melalui dinas PU segera merespon kerusakan jalan, sehingga roda perekonomian masyarakat tidak terganggu," tulisnya di pesan Whatsapp.

Selain itu, kata Bupati, saat ini Pemkab PALI melalui DPUTR sedang melakukan persiapan paket lelang pekerjaan jalan yang sudah dianggarkan di APBD tahun 2022. (Susanto)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama