Vaksinasi Masal, Pemkab PALI Siapkan Sembako dan Doorprize


PALI - Meskipun pemberian vaksin secara umum di Kabupaten PALI, Sumsel, hingga Minggu (26/12) telah melebihi target 70 persen, yakni 73,3 persen. Namun, capaian pemberian vaksin terhadap lansia masih kurang, yakni baru mencapai angka 53 persen, sementara target nasional harus menyentuh angka 60 persen.

Untuk mengejar target, Pemkab PALI adakan vaksinasi masal di Lapangan Sanggar Pramuka Komplek Pertamina Pendopo, Minggu (26/12).

Hadir pada kegiatan itu, Bupati PALI Heri Amalindo, Wakil Bupati PALI Soemarjono, Kapolres PALI AKBP Rizal Agus Triadi, Pj Sekda PALI Kartika Yanti, Wakapolres PALI, serta sejumlah Kepala OPD dilingkup Pemkab PALI.

Bupati PALI mengatakan, penanganan covid-19 masih menjadi prioritas pemerintah, dari pemerintah pusat sampai daerah. Di PALI sendiri data terakhir kasus terkonfirmasi covid-19 setidaknya ada 870 kasus, 90,9 persen adanya kesembuhan, serta hingga saat ini PALI masuk zona kuning, artinya kasus covid-19 tergolong cukup rendah di PALI.

"Walaupun sudah rendah tapi harus diwaspadai, caranya dengan menerapkan 5 M serta 3T, salah satunya ikut program vaksinasi, karena dengan vaksinasi bisa meningkatkan imun kita," ucapnya.

Lebih lanjut, Bupati menargetkan pemberian vaksin kepada lansia 60 persen harus dikejar, sebagai syarat agar anak-anak bisa ikut diberikan vaksin.

"Mari ajak masyarakat lain untuk ikut di vaksin, karena kalau kita sayang dengan anak kita, ayo ikut divaksin, insyaallah dengan vaksin ini kita bisa terlindung dari paparan covid-19," ajak Bupati.

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan vaksinasi massal, Junaidi Anuar menyebut Pemkab PALI menargetkan pada gerakan vaksinasi massal 1.000 orang.

"Peserta dalam kegiatan ini lansia se Kabupaten PALI, dan yang tercatat di kami ada 198 orang dari Kecamatan Talang Ubi, 111 orang dari Penukal, 96 orang dari Penukal utara, 98 orang dari Abab dan 56 orang dari Tanah Abang, jumlah keseluruhan ada 559 orang, namun kita targetkan 1.000 orang dalam kegiatan ini, mengingat antusias masyarakat cukup tinggi," terang Junaidi.

Dalam menarik minat masyarakat untuk ikut di vaksin, Junaidi mengatakan Pemkab PALI menyiapkan paket sembako dan doorprize.

"Diberikan Sembako kepada penerima vaksin, serta hadiah doorprize, ada 1.630 sak sembako berasal dari Pemkab PALI dan sumbangan perusahaan," tuturnya.

Ditempat sama, Plt kepala Dinas Kesehatan, Zamir menyatakan syarat pemberian vaksin kepada anak usia 6 hingga 11 tahun adalah harus tercapainya target pemberian vaksin kepada lansia sebesar 60 persen.

"Kita baru mencapai 53,9 persen dalam pemberian vaksin kepada lansia, jadi kita masih kurang 800 orang lansia, tapi secara umum target kita sudah melampaui," sebut Zamir. (Susanto)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama