Keindahan Danau Moyan Sumber Asri, Potensi Wisata Baru di Mura


MURA - Danau Moyan di Desa Sumber Asri, Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan (Sumsel), direncanakan bakal menjadi wisata baru di Kabupaten Mura.

Kepala Desa (Kades) Sumber Asri, Darussalam Wannaja atau akrab dipanggil Hatta mengatakan, rencana tersebut digagas dirinya selaku Kades dan rombongan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Menurutnya, adanya potensi di Danau Moyan perlu dimanfaatkan, dengan harapan kedepannya bisa meningkatkan lapangan kerja dan ekonomi masyarakat, juga mengenalkan Sumber Asri di mata masayarakat luas.

“Keindahan Danau (Moyan) ini tidak kalah dengan Danau Aur,” ujarnya, Sabtu (4/12).



Lanjut Hatta, saat ini ia bersama BPD Sumber Asri telah melakukan pembersihan, perencanaan, dan mulai rapat membentuk Komunitas Wisata Danau Moyan.

Seorang tokoh desa yang juga BPD Sumber Asri, Sofyan, mengatakan danau buatan yang dibangun pada tahun 1984 itu sebelumnya difungsikan sebagai bendungan pengairan pertanian, juga tambak ikan masyarakat setempat.

Namun, kata Sofyan, dua tahun terakhir danau tersebut hampir tidak berfungsi akibat banyaknya tumbuhan eceng gondok.

Melihat adanya potensi jika dialihkan ke wisata, ia bersama rekan BPD, Pemerintah Desa Sumber Asri dan masyarakat berinisiatif melakukan pembersihan areal Danau Moyan.

“Sudah dibersihkan bersama Perangkat Desa, BPD dan masyarakat,” katanya.
(65)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama