Optimalisasi Pelayanan Informasi Publik, Pemkab Mura Sosialisasi dan Susun DIP


LUBUKLINGGAU - Dalam rangka meningkatkan pelayanan Informasi Publik, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) melalui Dinas Kominfo dan Statistik mengadakan Sosialisasi dan Penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Hotel Dewinda Lubuklinggau, Kamis (30/9).


Acara dibuka oleh Bupati Mura diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Aidil Rusman dengan narasumber dari Dinas Kominfo Provinsi Sumsel, Azim Baidillah dan Komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumsel, Kori Kunci. 


Kegiatan dihadiri sebanyak 124 peserta.


Mewakili Bupati, Aidil Rusman menyampaikan informasi merupakan kebutuhan dasar setiap orang sebagai pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. 


"Salah satu tugas Pejabat Pengelola Infirmasi dan Dokumentasi (PPID) menyediakan informasi publik bagi pemohon informasi. Dengan adanya PPID diharapkan implementasi UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dapat berjalalan efektif dan hak publik terhadap informasi berkualitas secara nyata dapat terpenuhi," paparnya. 


Lebih lanjut, dalam memberikan informasi, PPID dapat mempedomani 6 asas, yakni Transparan, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak serta Keseimbangan Hak dan Kewajiban. 


"Saya harap PPID dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab guna menunjang perkembangan dan pembangunan daerah. Kepada para peserta, diharapkan dapat mengikuti dan mempedomani dengan sosialisasi dan penyusunan DIP," harapnya. 


Sementara Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Mura, H Bambang Hermanto menyampaikan adanya sosialisasi dan penyusunan DIP untuk mengoptimalkan pelayanan informasi publik di lingkungan Pemkab Mura. 


"Harapan kita, dengan acara ini pelayanan informasi publik di Kabupaten Musi Rawas semakin baik dan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan," katanya. 


Turut hadir dalam acara, nara sumber dari Dinas Kominfo dan Komisi Informasi Provinsi Sumsel, para pimpinan OPD serta peserta PPID Pembantu juga operator OPD di lingkungan Pemkab Mura. (Rls/65)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama