Peduli dan Tanggung Jawab, Kades Muda Kertosono Pakai Dana Pribadi Tangani Covid-19


SILBER | MURA - Peduli dan tanggung jawab, itulah yang disematkan kepada Kepala Desa (Kades) Kertosono, Kecamatan Jayaloka, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Candra. Kades tersebut menggunakan dana pribadi untuk kegiatan pemutusan penyebaran mata rantai covid-19 di desanya. 


Sikap yang ditunjukan Candra dinalai sebagai pribadi Kades yang mampu mengayomi dan melindungi masyarakatnya. Padahal, Candra baru hitungan hari dilantik Bupati Mura menjadi Kades Kertosono.


Inisiatif itu dilakukan lantaran di Desa yang ia pimpin beberapa orang warganya terpapar Covid - 19.


Langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan penyemprotan disenfektan kerumah warga, tempat ibadah dan tempat umum lainya. Ia juga memberikan bantuan berupa masker dan sejumlah dana kepada para warga yang terpapar Covid - 19 di desanya.



Saat penyemprotan, Candra mengaku kepada awak media, pihaknya melalukan langkah itu dibantu bersama jajarannya dan pihak Polsek Jayaloka.


"Sudah beberapa kali melakukan penyemprotan disenfektan ini. Alhamdulilah saya juga bisa membantu warga yang terpapar covid, walaupun sampai saat ini Dana Desa belum ada yang turun," ujar Kades muda itu, Rabu (14/7/2021).


Ia berharap, warganya yang terpapar covid segera sembuh dan desanya terbebas dari covid-19.


"Walaupun saya harus merogoh dana dari kantong pribadi, demi rasa tanggung jawab saya kepada masyarakat dan desa saya iklas," katanya.


Lebih lanjut, ia mengimbau kepada warga yang terpapar covid untuk tetap jaga kesehatan dan jaga imun tubuh, seperti berjemur dan minum vitamin.


"Kalian saat ini bukan terkena aib, melainkan virus yang memang mengguncang di berbagai negara saat ini, dan bukan kalian saja yang terpapar. Yakinlah, kalian pasti sembuh dalam waktu dekat ini. Untuk yang lain, tetap patuh pada prokes dengan patuhi 5M untuk memutuskan penyebaran mata rantai covid-19 ini," tuturnya. 


Candra juga berpesan kepada warganya, bagi yang terpapar covid-19 untuk tidak keluar rumah.


"Lakukan karantina mandiri dulu, jika perlu apapun mohon hubungi saya atau perangkat desa lewat telpon, maka akan dibantu," imbuhnya. 


Sementara itu, masyarakat Desa Kertosono yang terpapar covid-19, Aan sangat mengapresiasi kebijakan itu, baginya Candra merupakan sosok yang cepat tanggap dalam memperhatikan dan mempedulikan warganya.


"Saya berterimakasih kepada Pak Kades Kertosono, telah perduli dengan saya dan keluarga saya yang dalam keadaan terpapar corona ini. Terimakasih atas bantuan dana yang diberikan untuk saya berobat. Semoga desa ini makin maju dan lebih baik lagi  dalam kepemimpinan Bapak Candra selaku Kadws" ujarnya.


Penulis : Ari Supriyanto

Editor : Gpz

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama