Pipa Milik Pertamina EP Pendopo Field Kembali Bocor, Sungai Tercemar


PALI - Disinyalir Pipa minyak milik PT Pertamina EP Pendopo Field di wilayah Desa Sukamaju dan Desa Suka Damai, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan (Sumsel) kembali bocor pada Kamis malam (07/03) sekira pukul 20.55 WIB.

Akibat kebocoran itu, minyak mentah yang jumlahnya cukup banyak tumpah dan mencemari sungai di sekitar kebun warga.

Pantauan di lokasi pada pagi hari usai kejadian, terlihat air sungai berubah menjadi berwarna cokelat, karena bercampur tumpahan minyak yang mengalir dari Lebung Dik.

Permukaan air juga tampak mengkilat terkena sinar matahari dan menandakan sungai itu benar-benar tercemar minyak.

Salah satu warga Dusun II Desa Sukamaju, Matihar, mengutarakan kebunnya yang berada di aliran sungai tersebut terkena limbah. Ia meminta limbah minyak itu segera dibersihkan.

"Akibat limbah minyak ini, air yang biasanya digunakan untuk kebutuhan di kebun tidak bisa digunakan airnya," ujarnya.

Lebih lanjut, dampak limbah minyak tersebut membuat sungai menjadi tercemar, ikan di sungai menjadi mati dan stres.

"Kami sangat dirugikan, biasanya kami bisa memancing ikan untuk lauk pauk, akibat limbah minyak ini sekarang kami tidak bisa memancing lagi," bebernya.

Terpisah, Head Of ComRel Regional 1 Zona 4 Pertamina EP Pendopo Field, Tuti Dwi Patmayanti, membenarkan telah terjadi kerusakan pada trunkline segment IV di Desa Suka Damai, Kecamatan Talang Ubi, akibat sabotase.

"Kerusakan pipa tepatnya pukul 20.55 WIB, pada jalur trunkline segment IV di Desa Suka Damai, Kecamatan Talang Ubi, yang diduga karena sabotase oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Kita telah melakukan penanggulangan dengan pemasangan pasak dan mengclamp pada pipa tersebut, pukul 22.35 WIB kegiatan penanggulangan selesai," jelas Tuti.

Lebih lanjut, tuti mengatakan, penanggulangan akan tetap dilaksanakan dengan melakukan pembersihan di sekitar area kerusakan pipa, dengan memasang snake boom untuk menahan laju aliran menuju ketempat-tempat yang tidak diinginkan, serta melakukan pembersihan disekitar area terdampak.

(Snt)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama