Menjelang Pemilu, Kantor KPU dan Bawaslu Mura Bakal Dipasang CCTV


MUSI RAWAS - Polres Musi Rawas (Mura) bakal memasang CCTV di Kantor KPU dan Bawaslu Mura guna memantau situasi serta meningkat keamanan di objek vital. Hal itu diungkapkan Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo saat rapat Tactical Floor Game (TFG) di Gedung Atdmani Wedhana Mapolres Mura, Jum'at (13/10) sekira pukul 14.00 WIB.

Rapat tersebut dihadiri petinggi Polres Mura, Kodim 0406, Dinas Perhubungan Kabupaten Mura, Bawaslu Mura, KPU Mura, Kejari Lubuklinggau, Batalyon B Pelopor Petanang Satbrimob Polda Sumsel, BPBD Mura, Kepala Kesbangpol, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Damkar Mura .

Menurut Kapolres Mura, hal itu merupakan pembeda dari pelaksanaan tahapan Pemilu sebelumnya, khususnya di Kabupaten Mura. Dimana nantinya aktivitas di Kantor KPU dan Bawaslu Mura akan terpantau oleh Polres Mura dan Polda Sumatera Selatan (Sumsel).

"Kami Polres Mura bersama unsur Forkompinda serta KPU Mura dan Bawaslu Mura, bersama-sama melaksanakan TFG untuk menyamakan persepsi," ujar Kapolres.

Dimana, dikatakan AKBP Danu sapaannya, TFG dalam bentuk permainan merupakan cara mempersiapkan beberapa simulator dan beberapa hal-hal. Dan pelaksanaan TFG itu, diibaratkan adanya potensi kerawanan pada saat pelaksanaan Pemilu nanti, sehingga unsur terkait mengetahui gambaran situasi dan mengetahui apa tindakan yang harus dilakukan.

"Dalam artian, TFG ini bertujuan agar seluruh pemangku kepentingan baik dari unsur KPU, Bawaslu, hingga Forkopimda dan seluruh penyelenggara pemilu ini memiliki persamaan persepsi, sehingga tau tindakan apa yang akan dilakukan dilapangan, bagaimana cara bertindaknya serta persamaan, dengan harapan berkurangnya hal-hal yang tidak diinginkan," jelas Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres menyampaikan terimakasih kepada Polda Sumsel yang telah memberikan bantuan melalui Bidang Teknologi Informasi dan Komunika (Bidang TIK) berupa CCTV.

"Nantinya CCTV itu akan dipasang diobjek vital atau di Kantor KPU Mura dan Kantor Bawaslu Mura. Sehingga nantinya bisa langsung terpantau oleh Polres Mura dan Polda Sumsel," tuturnya.

"Dengan dipasangnya CCTV ini, mudah dilakukan pengamatan dari kepolisian, bisa melihat situasi yang ada dan perkembangan situasi saat pemilu. Yang pastinya bisa mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan hingga gangguan keamanan," imbuhnya.

Kapolres meminta, kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan penambahan lampu penerangan dan penguatan sinyal diseputaran Agropolitan Center, khususnya di wilayah Kantor Bawaslu, KPU, serta di gudang penempatan logistik Pemilu.

"Tentunya dengan harapan kita bisa melakukan pemantauan serta meningkatkan keamanan dan mencegah tidak terjadinya hal-hal yang diinginkan, khususnya pada saat pelaksanaan Pemilu mendatang," tutupnya.

(Rls/Gpz)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama