Kapolres Mura Kunker ke Mapolsek Tugumulyo dan Terawas


MUSI RAWAS - Kapolres Musi Rawas (Mura), AKBP Danu Agus Purnomo didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Mura, Ny Anggitta Danu, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Mapolsek Tugumulyo-Terawas, Selasa (23/05).

Turut mendampingi, Kabag SDM Kompol Harisson Manik, Kasat Narkoba AKP Herman Junaidi, Kasat Intelkam AKP Rudi Hartono dan Kasi Propam Iptu Susilo.

Para PJU Polres Mura disambut langsung Kapolsek Tugumulyo, Iptu Kosim beserta jajaran Polsek Tugumulyo, serta Kapolsek Terawas, AKP Nastain beserta jajaran Polsek Terawas.

Saat melakukan kunker ke Polsek Terawas, Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo didampingi Kapolsek Terawas, AKP Nastain beserta Ketua Bhayangkari Cabang Mura, Ny Anggitta Danu, menyerahkan bantuan puluhan kursi dan meja ke SD di wilayah hukum Polsek Terawas.

Selain itu, Kapolres juga memberikan multivitamin kepada personel Polsek Tugumulyo dan Polsek Terawas.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Tugumulyo, Iptu Kosim, mengatakan bahwa situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Tugumulyo sampai saat ini aman dan kondusif.

Diketahui, jumlah personel Polsek Tugumulyo berjumlah 19 personel dan terdiri dari 17 desa, 1 kelurahan dan 1 anggota Bhabinkamtibmas bertanggung jawab 3 desa, namun sampai saat ini bisa dicover baik desa maupun kelurahan, serta mempunyai 4 gereja besar yang sering melakukan kegiatan keagamaan.

"Selain itu, juga dibackup oleh personel Danramil Tugumulyo melalui Bhabin, pihak Kecamatan, Kelurahan, Desa serta pihak ketiga seperti SPBU Tugumulyo, sehingga bisa menciptakan kamtibmas," kata Kapolsek.

Senanda, Camat Tugumulyo, Helmi, mengatakan bahwa suatu kehormatan mendapat kunjungan dari Kapolres beserta PJU Polres Mura beserta Ibu Bhayangkari Cabang Mura.

"Kecamatan Tugumulyo terdiri dari 17 Desa, 1 Kelurahan, namun ada 4 Kades baru yang dilantik, diantaranya Surodadi, Tambah Asri, Wonorejo, Sidoarjo, oleh sebab itu mohon arahan dan bimbingannya," ujar Camat Tugumulyo.

Sementara itu, Kapolsek Terawas, AKP Nastain, sangat bangga sekaligus mengucapkan terimakasih atas kehadiran Kapolres beserta PJU Polres Mura beserta Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Mura.

"Karena jujur saja moment ini sudah kami nantikan sejak Maret 2023 lalu, namun bisa terlaksana pada hari ini, lantaran Bapak Kapolres masih banyak kegiatan kedinasan," kata Kapolsek.

Kapolsek menjelaskan, untuk jumlah personel Polsek Terawas berjumlah 24 personel, meliputi 2 perwira yang mengcover tiga kecamatan, yakni, Kecamatan Terawas, Selangit dan Sumber Harta.

Kemudian, kondisi masyarakat yang memeluk empat agama berbeda diantaranya Islam, Kristen, Budha dan Hindu, serta penghasilan masyarakat meliputi perkebunan sawit, karet, kopi, pertanian berupa sawah (padi), serta perikanan.

"Namun walaupun demikian, untuk kondisi wilayah hukum Polsek Terawas sampai saat ini masih aman, nyaman dan kondusif," jelas Kapolsek Terawas.

Lebih lanjut, Kapolsek menjelaskan, mengenai kondisi karhutla saat ini sudah mulai berkurang, karena masyarakat sudah bisa memanfaatkan kayu hasil pembukaan lahan dan hutan untuk dijual.

Selain itu, mengenai pembangunan di Mapolsek telah dibangun gudang barang bukti (BB), kemudian perbaikan pagar, pembuatan plang, serta pembangunan toilet dan kamar mandi, dimana telah bisa dimanfaatkan para pemudik saat mudik lebaran kemarin.

"Kemudian juga dibidang sosial dan kemasyarakatan, para Bhabinkamtibmas melakukan kegiatan kunjungan kemasyarakat secara door too door selesai shalat Jum'at, serta kegiatan bansos kepada warga yang berhak menerima sekaligus warga yang terkena musibah, baik kebakaran, puting beliung, longsor dan lain-lain," tuturnya.

Sementara itu, perwakilan Danramil Terawas, mengucapkan terimakasih kepada Kapolres beserta PJU Polres Mura yang telah melakukan kunker ke Polsek Terawas.

"Mudah-mudahan dengan adanya kunker dan penyampaian arahan sebagai bekal perbaikan Polsek Terawas dan Danramil Terawas, serta semoga kedepannya jalinan silaturahmi semakin erat," katanya.

Kemudian, Camat Sumber Harta, Deni Fermada Lubis, mengatakan pihaknya mewakili Pemerintah Kecamatan Sumberharta, Selangit dan Terawas mengucapkan terimakasih karena menyempatkan diri bertemu sekaligus silaturahmi bersama.

"Pastinya kami mewakili pemerintah kecamatan siap bersinergi bersama Polres Mura dan Polsek Terawas, guna mewujudkan Musi Rawas Mantab (Maju, Mandiri dan Bermartabat)," paparnya.

Kapolres Mura, AKBP Danu Agus Purnomo, mengatakan kegiatan silaturahmi sekaligus kunjungan kerja, walaupun ia sudah berapa kali menjalankan tugas seperti kegiatan Jum'at Curhat serta pernah melakukan patroli kehukum.

Mengenai masalah kamtibmas, keamanan bukan tanggung jawab unsur kepolisian semata, bukan hanya Danramil, tetapi tanggung jawab bersama, perwakilan pemerintah desa, kelurahan dan kecamatan.

"Maka dari itu, apabila ada permasalahan yang bisa diselesaikan melalui tingkat desa, kelurahan, kecamatan dan Polsek, kiranya bisa diselesaikan sebelum meluas, artinya berjenjang. Nantinya apabila tidak bisa diatasi barulah diselesaikan ditingkat selanjutnya," kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, khusus di wilayah hukum Polsek Tugumulyo, untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi agar tidak terjadi kemacetan di wilayah seputaran SPBU Tugumulyo, lantaran saat ini keterbatasan BBM bersubsidi.

"Seperti contoh, jangan upayakan aktifitas saat kondisi jam aktif khususnya saat berangkat kerja, saat pulang sekolah, karena memungkinkan terjadinya kemacetan, oleh sebab itu kiranya dikomunikasikan agar semuanya berjalan dengan baik," paparnya.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, terkait dengan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), kiranya bersama-sama untuk mencegah agar tidak terjadi karhutla, apalagi saat ini memasuki cuaca ekstrim/masa elnino dan Sumsel termasuk Mura, maka berharap bersama-sama ingatkan jangan membakar hutan dan lahan, didaerah lain sudah mulai berkurang.

Kemudian, terkait maklumat pesta malam musik remik dan dj yang rentan dengan penyalagunaan narkotika, kiranya kepada unsur muspika baik, Polsek, Danramil, kecamatan, kelurahan hingga pedesaan untuk bersama-sama menyampaikan maklumat pesta malam, karena kita juga ingin mendukung program Bupati-Wabup sesuai dengan visi dan misi mewujudkan Mura Mantab.

Selain itu, saat terkait dengan peningkatan kamtibmas bertepatan dengan Operasi Sikat Musi 2023, artinya bersama-sama kita menekan angka kriminalitas baik curas, curat dan curanmor serta tidak kejahatan lainnya, serta upaya peningkatan dan pencegahan dengan menggalakan siskamling dan apabila ada hal negatif kiranya untuk segera melapor melalui nomor bantuan polisi yang telah disebarkan.

"Dan, terakhir saat ini sudah mulai diberlalukan tilang manual, hal ini dilakukan tidak lain untuk mencegah terjadi pelanggaran lalulintas, hingga menyebabkan kecelakaan lalulintas. Sebab sudah banyak kejadian lakalantas yang menyebabkan pengendara meninggal dunia lantaran melakukan melakukan pelanggaran lalulintas," tuturnya.

(Rls)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama