Bupati Mura Terima Penghargaan dari BNN RI Atas Pembentukan Dewita Bersinar


PALEMBANG - Bupati Musi Rawas (Mura), Ratna Machmud menerima penghargaan dari Badan Narkotika Nasional RepubIik Indonesia (BNN RI).

Pemberian penghargaan itu diberikan atas dukungan terhadap pembentukan Desa Wisata Tematik Bersih Narkoba (Dewita Bersinar), yang telah launching beberapa waktu lalu di Kabupaten Mura.

Prosesi penyerahan penghargaan langsung diberikan oleh Kepala BNN RI, Komjen Pol Petrus Reinhard Golose, di Griya Agung, Palembang, Kamis, (02/03).

BNN memberikan apresiasi atas peran aktif Pemkab Mura dalam program pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap dan Penyalahgunaan Narkotika (P4GN). Peran itu telah dibuktikan dengan membentuk Dewita Bersinar di Desa Ngadirejo, Desa Triyoko, Desa Karang Panggung, Desa Sumber Asri, Desa Muara Beliti Baru dan Desa Trisakti.

Agenda tersebut merupakan rangkaian dari Dialog Publik War on Drugs yang mengangkat tema 'Optimalisasi Peran BNN, KPK, BNPT dan LPSK Dalam Kompleksitas Penanganan Permasalahan Narkoba, Terorisme dan Korupsi'.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, mengajak semua masyarakat untuk selalu sadar akan bahaya penggunaan narkoba.

"Hari ini kita melaunching Perkebunan Bersinar dan Desa Wisata Tematik Bersinar. Ini adalah tugas mulia sekali yang digagas oleh BNN, khususnya BNN RI di Sumsel yang selalu mengingatkan kita untuk selalu waspada terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba. Ini kita persiapkan menyongsong demokrasi geografi untuk dekade ke depannya. Dan untuk semua elemen masyarakat, diharapkan dapat selalu membantu dalam hal pencegahan di lingkungan sekitar kita," ucap Gubernur Herman Deru.

Gubernur juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala dan jajaran BNN RI atas kehadirannya di Sumsel. Menurutnya, ini menjadi penghargaan bagi masyarakat Sumsel.

Sementara, Kepala BNN RI, Komjen Pol Petrus Reinhard Golose, menyampaikan bahwa sinergitas dengan seluruh stakeholder sangat dibutuhkan dalam penanganannya, mengingat permasalahan narkoba sebagaimana korupsi dan terorisme merupakan Extra Ordinary Crime yang berdampak pada kehancuran bangsa.

"Saya juga berterima kasih atas dukungan Bapak Gubernur. Kemarin sudah dinyatakan bahwa Sumsel di bawah kepemimpinan Pak Gubernur menolak untuk legalisasi ganja," ungkap Kepala BNN RI.

Di tempat sama, Bupati Mura, Ratna Machmud, menyampaikan terimakasih atas diberikannya penghargaan tersebut, ia bangga atas pencapaian di Kabupaten Mura.

"Suatu kebanggaan kita karena membantu memberantas narkoba di Kabupaten Mura. Kemarin juga sudah diresmikan oleh ketua BNN Provinsi Sumsel Dewita Bersinar," ujar Bupati Mura.

"Program Dewita Bersinar ini merupakan kolaborasi pertama di Indonesia dari dua program unggulan, yaitu Desa Wisata Tematik (Dewita) dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Mura, dan Desa Bersinar (Bersih Narkoba) dari BNN RI. Ini langkah kita untuk memperbaiki masa depan Kabupaten Mura," imbuhnya.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh empat pimpinan lembaga, yakni BNN, KPK, LPSK dan BNPT, para Kepala Daerah di Sumsel, serta Forkopimda Sumsel dan Kabupaten/Kota se Sumsel.

(Adv)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama