Melestarikan Budaya, Pemdes Bumiayu Gelar Acara Sedekah Adat


PALI - Melestarikan budaya dan kereafian lokal, Pemdes Bumi Ayu, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI mengelar sedekah adat bersama masyarakat, di Balai Desa Bumi Ayu, Rabu (30/11).

Kades Bumi Ayu, Saprin, dalam sambutan menyampaikan terimakasih kepada yang telah hadir di acara itu.

"Selesai acara inti ini kita akan beziarah ke makam Tuan Rijal Karip Muarip yang ada di seberang desa. Melestarikan budaya turun menurun, mengangkat keharmonisan masyarakat dan tehindar dari bencana," ungkapnya.

Kades juga mengungkapan, kegiatan yang sudah membudaya turun temurun itu dilaksanakan untuk melestarikan adat yang ada.

"Semoga adanya acara ini dapat diberi kesehatan, keselamatan dan ketakwaan menjalankan ibadah, serta memohon kepada Allah SWT agar kita semua terhindar dari bencana," harapnya.

Sementara, Camat Tanah Abang melalui Sekcam, Darmawan, mengapresiasi atas adanya budaya sedekah adat di Bumi Ayu.

"Seyogyanya budaya seperti ini akan kita lestarikan, harapannya terlaksana setiap tahun, termasuk sedekah adat, karena wujud syukur kita kepada Allah dan kepada leluhur kita," ujarnya.

"Pada saat itulah kita menunjukan rasa syukur kepada leluhur kita, untuk itu mari kita lestarikan budaya-budaya yang ada di daerah kita. Dan adanya acara seperti ini dengan harapan memohon keselamatan dunia dan ahirat," tambahnya.

Di tempat sama, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten PALI melalui Sekretaris, Hartiana, menyampaikan terimakasih kepada panitia pelaksana yang telah menjadikan transisi sedekah adat untuk mengangkat kearifan lokal.

"Kami harap kepada masyarakat agar acara seperti ini berkesinambungan, karena kita dapat mengambil nilai-nilai budaya, mungkin kita bisa mewariskan dan bisa melestarikan kepada masyarakat, dapat mengambil dan menanamkan nilai budaya, supaya kita bisa mewariskan, khusunya kepada generasi penerus kita," tuturnya.

Hadir pada acara itu Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Kebudayaan Kabupaten PALI, Disdukcapil Kabupaten PALI, Disperindag Kabupaten PALI, DPMD Kabupaten PALI, Sekcam Tanah Abang, para guru, perwakilan Polsek Tanah Abang, pemangku adat, Kordinator Jupel Candi Bumi Ayu, Pegiat Budaya, Ketua Adat, Tokoh Agama, Toko Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

(Snt)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama