Bupati Mura Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi di Daerah Secara Virtual


MUSI RAWAS - Bupati Musi Rawas (Mura), Ratna Machmud menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi di Daerah secara virtual bersama Menteri Dalam Negeri, Kepala BPS RI, Kapolri, Jaksa Agung, Panglima TNI, Menteri Pertanian RI dan Menteri Perdagangan RI melalui konferensi video di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Mura, Senin (31/10).

Rakornas dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, diikuti Gubernur di seluruh Indonesia dan Bupati/Walikota di seluruh Indonesia via konferensi video.

Rakornas tersebut bertujuan untuk membahas langkah konkret pengendalian Inflasi di daerah sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia.

Mendagri Tito menyampaikan, hasil Monev Tim Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam upaya yang dilakukan dan dilaporkan pemerintah daerah mengalami peningkatan. Antara lain melakukan pemantauan harga dan stok, melaksanakan rapat teknis tim pengendali inflasi daerah, menjaga pasokan bahan pokok, melaksanakan pencanangan gerakan menanam, melaksanakan pasar murah, melaksanakan sidak pasar dan memberikan bantuan transportasi dari APBD.

Melihat dari komoditas dominan yang memberikan andil inflasi seperti bensin, angkutan umum, solar, angkutan antarkota, tarif roda dua dan roda empat, dapat disimpulkan untuk periode September 2022 terjadi inflasi 1,17 persen,  sehingga secara tahun ke tahun angka nasional mengalami kenaikan menjadi 5,95 persen.

Indonesia sendiri saat ini masih bisa mempertahankan tingkat inflasi dibawah 6 persen, secara nasional ketersediaan pangan strategis selama Januari hingga Desember 2022 cukup aman.

Salah satu strategi dalam menghadapi krisis pangan dunia, yaitu dengan meningkatkan kapasitas produksi pangan untuk komoditas pengendali inflasi serta mengurangi impor, pengembangan pangan subsitusi impor dan peningkatan ekspor.

Mendagri mengimbau, kepada seluruh kepala daerah untuk rajin berkolaborasi sebagai langkah pengendalian inflasi  di Indonesia.

Sementara, Bupati Mura, Ratna Machmud mengapresiasi Rakornas tersebut, karen merupakan koordinasi yang solid antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Pemkab Mura siap melaksanakan berbagai instruksi Mendagri," ujarnya.

"Memang dalam mengendalikan inflasi daerah kita perlu kolaborasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. Kemudian dukungan dari forkopimda dan stakeholder yang konsen dalam hal ini. Kita akan selalu solid dan semoga kita tetap kuat dalam menghadapi tantangan krisis global," imbuhnya menutup.

Hadir mendampingi Bupati Mura dalam kegiatan itu Kepala Dinas Kominfotik, Adi Irawan, Kabag Ekonomi, Herman, Dinas Perhubungan serta OPD terkait lainnya.

(Rls/Gpz)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama