Pemdes Suka Maju Gelar Musdus RKPDes Tahun 2022


PALI - Pemerintah Desa (Pemdes) Suka Maju, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Suka Maju menggelar Musyawarah Dusun (Musdus) Usulan RKPDes tahun 2022 di Balai Desa Dusun 3 Suka Maju, Kamis (28/10). 


Kades Suka Maju, Rudini diwakili Sekdes, Sariono mengatakan pihaknya akan menampung semua aspirasi yang disampaikan masyarakat. 


Masyarakat Desa Suka Maju, I'eng Rifai menyampaikan beberapa aspirasi, diantaranya pembuatan pamsimas, jalan setapak sekitar 200 meter dan sumur bor dekat masjid.


Berbeda dengan Firmansa, pria yang akrab di sapa Ewen ini menyampaikan usulan sistem drainase jalan utama, perbaikan lapangan volli, lapangan bola tangkis di cor dan penerangan lampu di gedung serbaguna.


Dikesempatan sama, Jono warga Dusun 3 setuntung mengusulkan dua unit tenda, karena baginya saat ini Desa Suka Maju dirasa kualahan saat masyarakat mebutuhkan tenda.


Semantara warga lainnya, Efran menginginkan Pemdes Suka Maju membangun fasilitas jaringan selular dan jaringan internet. Ia berkeinginan kedepannya Desa Suka Maju bisa menjadi desa berbasis IT.


"Kondisi saat ini Desa Suka Maju menjadi salah satu wilayah blankspot, kita kesulitan berkomunikasi, putusnya komunikasi akan berdampak memperlambat pegerakan ekonomi," jelas Efran.


Lebih, Efran mengatakan Desa Suka Maju akan semakin tertinggal jika Pemdes hanya berharap pembangunan insfratruktur desa dari anggaran DD dan ADD.


"Pemdes harus mampu menyerap nutrisi anggaran dari Kabupaten, Provinsi bahkan APBN," terangnya.


Karena menurutnya,  berdasarkan letak geografis, Desa Suka Maju terbagi menjadi empat wilayah dusun yang terpisah dengan jarak berjauhan.


Tampak hadir dalam kesempatan itu Ketua BPD Suka Maju, Nato Susanto beserta anggota, Kadus, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda.


(Susanto)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama