PT Pertamina EP Melalui PT BGP Tunaikan Kompensasi Lahan yang Dilewati Seismik 3D


SILBER | PALI - Kegiatan Seismik 3D PT Pertamina EP yang dikerjakan PT Bureau Geophysical Prospecting (BGP) Indonesia melintasi tiga wilayah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), yakni Kota Prabumulih, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan Kabupaten Muara Enim. Dan kini sudah memasuki tahap akhir.



Di Kabupaten PALI, kegiatan seismik 3D tersebut meliputi beberapa Desa dalam Kecamatan Tanah Abang. Dan kini pihak perusahaan telah menyalurkan kompensasi terhadap lahan yang dilalui kegiatan tersebut. 


Pantauan di lokasi, terlihat Kantor Desa Muara Sungai, Kecamatan Tanah Abang nampak dipenuhi puluhan warga yang lahannya dilintasi atau menjadi titik perekaman. Kedatangan warga bermaksud untuk mengambil kompensasi dari perusahaan pelaksana kegiatan Seismik 3D itu, Selasa (8/6/2021).


Humas PT BGP, Surianto mengatakan pembayaran kompensasi tersebut adalah hari terakhir untuk keseluruhan di wilayah PALI, terkhusus di Kecamatan Tanah Abang.


"Hari ini adalah hari terakhir untuk pembayaran kompensasi lahan di wilayah Kecamatan Tanah Abang. Semua sudah selsai, terkhusus lahannya yang di lewati jalur sismik. Selanjutnya akan ada lagi pembayaran ganti rugi rumah-rumah warga yang retak disebabkan operasi perusahaan setelah data-data tersebut sudah diserahkan oleh pihak pemerintah Desa, dan dilakukan pemeriksaan ulang oleh pihak perusahaan, maka akan segerah dilakukan pembayaran ganti kerugian," kata Humas. 


Lebih lanjut, pembayaran kompensasi lahan sendiri berjalan lancar. Tampak pihak kepolisian dari Polsek Tanah Abang, TNI,  Camat Kecamatan Tanah Abang, Kepala Desa serta perangkat Desa, dan linmas Desa Muara Sungai. 


Sementara itu, Kepala Desa Muara Sungai, Hidayat Dani mengatakan cukup lega dengan ditunaikannya kompensasi dari perusahaan terhadap warga.


"Yah, cukup legah karna pihak perusahaan sudah tunaikan kewajiban nya. Kalau untuk masalah rumah warga yang retak-retak itu pembayarannya belum bisa dipastikan kapan waktunya, kita masih menunggu dari pihak perusahaan," jelas Kades.


Senada diucapkan salah satu warga Desa Muara Sungai, Pirmanto cukup puas atas layanan kompensasi dari pihak Prusahaan.


"secara teknis, pelaksanaan kompensasi oleh pihak  PT BGP hari ini sangat puas," ucapnya.


(Tmb)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama