PB IKA LKS Empat Lawang Apresiasi Pencabutan Perpres Investasi Industri Miras



SILBER | EMPAT LAWANG - PB IKA LKS Kabupaten Empat Lawang mengapresiasi sikap Presiden Joko Widodo yang mencabut lampiran Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang investasi industri minuman keras (miras).

Hal itu disampaikan Ketua PB IKA LKS Kabupaten Empat Lawang, Soni Permata Subuh. Aktivis yang akrab disapa Soni ini mengatakan Jokowi telah mendengarkan aspirasi dan suara rakyat.

"Kami mengapresiasi sikap Presiden Joko Widodo yang mendengarkan reaksi publik, mendengarkan aspirasi ulama, tokoh pesantren, keluhan aktivis, golongan pemuda serta partai politik," ujar Soni dalam keterangan pers, Selasa (2/3/21).

Menurutnya, PB IKA LKS Empat Lawang akan mendukung kebijakan pemerintah, namun juga akan memberikan masukan bila didapati kebijakan yang bertentangan dengan aspirasi publik dan ketimpangan sosial.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sudah meneken Perpres yang isinya tentang Bidang Usaha Penanaman Modal dan diteken kepala negara pada 2 Februari 2021 lalu. Aturan itu merupakan turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Pihaknya menganalisa, peraturan yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo itu tidak mempertimbangkan dampak buruk sosial yang ditimbulkan dari minuman keras.

"Itu jelas sekali kalau ini benar-benar terjadi, sementara pihak yang mendukung Perpres kemarin menyebut investasi minuman alkohol bakal membuka peluang penyerapan tenaga kerja, menambah pemasukan negara, dan mengendalikan peredarannya yang saat ini sembunyi-sembunyi," paparnya.

Lebih lanjut, dikutip dari Riset Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), menunjukkan sepanjang 2008 hingga 2013 ada sekitar 230 korban tewas akibat mengonsumsi miras tak berizin.

Kemudian pada 2014 hingga 2018, jumlah korbannya naik dua kali lipat, mencapai sekitar 540 orang. Artinya sangat berbahaya sekali kalau sampai Perpres tersebut diterapkan.

"Berkenaan dengan ini, ketua PB IKA LKS Empat Lawang menilai keputusan Presiden mencabut Perpres investasi minuman keras berbahan alkohol sangat tepat, dan kami dari PB IKA LKS Empat Lawang sangat mengapresiasi," pungkasnya. 

(Alam) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama