BEM Unpari Diskusi Publik Bersama KPU RI, Bahas Pilkada


LUBUKLINGGAU - BEM Candradimuka Universitas PGRI Silampari (Unpari) sukses adakan diskusi publik bersama KPU RI, membahas persiapan menjelang Pilkada serentak di 2024 ini, di Aula Handayani Unpari, Sabtu (08/06/2024).

Ketua BEM Unpari, Ageng Prayogo, menyampaikan tujuan kegiatan tersebut adalah BEM Unpari hadir membantu mensosialisasikan kegiatan pilkada serentak 2024. Selain itu, untuk meningkatkan peran pemuda dan mahasiswa dalam mensukseskan pilkada serentak 2024.

Ageng menjelaskan, kegiatan Pilkada merupakan salah satu kegiatan politik yang paling banyak menarik perhatian dan keterlibatan masyarakat, sehingga pilkada menjadi momen pendidikan politik yang sangat penting dalam rangka mendewasakan warga negara.

Lebih lanjut, Pilkada mengajarkan kepada masyarakat untuk terlibat dalam proses pengambilan keputusan politik, dengan cara memberikan suara kepada partai politik tertentu yang menjadi pilihannya.

"Pilkada merupakan kegiatan yang sangat penting dalam proses demokrasi untuk membentuk pemerintahan yang demokratis, agar pilkada benar-benar menghasilkan pemerintahan yang demokratis, maka pilkada sudah seharusnya diselenggarakan oleh suatu lembaga negara yang independen dan tidak memihak," ujarnya.

Ia menekankan, KPU sebagai lembaga penyelenggara harus selalu berpegang pada peraturan perundang-undangan yang ada, kode etik dan tata tertib.

"Tugas dan wewenang KPU dalam menyelenggarakan Pilkada tidak semata-mata berhubungan dengan partai-partai peserta pilkada, tetapi juga harus dengan masyarakat sebagai pemberi suara dalam pilkada," tuturnya.

Pada diskusi publik tersebut, KPU RI mengutus Idham Kholik sebagai pembicara dihadapan BEM Unpari.

(Gpz)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama