Polres Musi Rawas Laksanakan Rakor Lintas Sektoral


MUSI RAWAS - Dalam rangka pengendalian pangan dan kesiapan pengamanan Perayaan Idul Fitri 1443 H tahun 2022, Polres Musi Rawas, laksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral, Kamis (14/04).

Rakor dipimpin langsung Kapolres Musi Rawas, AKBP Achmad Gusti Hartono, dengan didampingi perwakilan Kodim 0406 Lubuklinggau, para Kabag, Kasat serta Kapolsek diwilayah hukum Polres Musi Rawas.

Kapolres menjelaskan, dilaksanakannya rakor bertujuan agar pengendalian pangan dan pengamanan Perayaan Idul Fitri dapat berjalan lancar dan tertib.

"Oleh sebab itu, kegiatan yang akan dilakukan secara preentif dan preventif, maupun sifatnya penindakan secara hukum," katanya.

Lebih lanjut, terkait pengawasan bahan pokok, terkhusus minyak goreng, pemerintah menjamin ketersediaannya, sehingga distributor maupun pengecer bisa langsung menyalurkan ke konsumen.

"Kemudian, bagi masyarakat yang akan merayakan hari Idul Fitri, saya mengimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan karena pandemi covid-19 belum berakhir," ucapnya.

Kemudian, sambung Kapolres, kenaikan harga bahan pangan menjelang hari raya Idul Fitri terutama bahan pokok dan bahan strategis sudah menjadi tren, fenomena itu tentu harus mampu disikapi dengan baik.

"Pemerintah pusat hingga daerah juga segenap komponen pembangunan di daerah perlu melakukan langkah-langkah antisipasi untuk mengatasi fenomena tersebut semaksimal mungkin, agar tidak menimbulkan kerawanan dan keresahan ditengah masyarakat," ujarnya.

Kapolres menambahkan, aspek lain perlu dipersiapkan seperti pencegahan penyebaran covid-19, walaupun sudah cenderung melandai, namun tetap diwaspadai agar tidak terjadi penambahan yang signifikan.

Oleh sebab itu, adanya rakor tersebut diharapkan dapat mengidentifikasi potensi-potensi kerawanan, baik ketersediaan bahan pokok, bahan strategis, ketersediaan angkutan, kemudian vaksinasi, termasuk tempat-tempat yang berpotensi terjadinya kerumunan orang.

"Kiranya dalam rakor ini bisa kita bahas dan antisipasi bersama-sama, kita berdoa bersama agar selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri nanti semua akan berjalan dengan baik, aman, sehingga Kabupaten Musi Rawas akan tetap menjadi daerah yang rukun dan damai," tutupnya.

(Rls/Gpz)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama